/ Berita / Detil

Berita Capil   Humas   20 Oktober 2014

Goro TMMN Di Nagari Sipinang Masyarakat Sekaligus Urus Akta Kelahiran Di Pelayanan UP3SK


Unit Pelayanan Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil (UP3SK) terus berlanjut pada hari Sabtu tanggal 18 Oktober 2014 kemarin, karena Nagari Sipinang cukup jauh dari akses Pelayanan baik ke Pusyanmas Belakang Balok  maupun ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Agam di Lubuk Basung dan masih banyaknya penduduk yang belum memiliki dokumen Akte Kelahiran maka UP3SK dilaksanakan di Nagari Sipinang Kecamatan Palembayan. 

Pelayanan dibuka pukul 10.00 WIB dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Agam Drs. MISRAN, M.Pd. yang kebetulan pada hari itu juga turut  berpartisipasi mewujudkan pembangunan yang merata, seimbang, dan berkesinambungan pada acara TNI Manunggal Masuk Nagari (TMMN) bersama SKPD lain di Nagari/Desa tersebut.

Selain itu  turut serta  Sekretaris Nilawati,SH., Kabid Capil Syahrial,SH dibantu para Kasi dan Staf. Seperti biasa Pelayanan Pencatatan Kelahiran masih menjadi primadona masyarakat. Karena jauhnya jangkauan Pelayanan masyarakat enggan datang ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Agam di Lubuk Basung atau Pusyanmas Belakang Balok sedangkan Dokumen kependudukan seperti : KTP-el, Kartu Keluarga, Akte Kelahiran, Akte Kematian, Akte Perkawinan, Akte Perceraian dan Akte Pengangkatan dan Pengesahan Anak merupakan dokumen penting yang harus dimiliki setiap warga negara sebagai salah satu persyaratan dalam berbagai urusan pemerintahan dan swasta.

Sebanyak 120 Akte Kelahiran dicetak ditempat dan diserahkan langsung kepada masyarakat. Pelayanan berjalan lancar walaupun beberapa kali mati lampu. Pelayanan ditutup pukul 17.00 wib. Setelah Gotong royong masyarakat nagari Sipinang mengurus Akte Kelahiran anggota keluarganya.