/ Berita / Detil

Berita Capil   Kamaruddin   13 November 2020

Dinas Dukcapil Agam Adakan DMM

Screenshot Kegiatan DMM


Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Agam sukses menggelar acara Dukcapil Menyapa Masyarakat (DMM) pada hari Jumat 2 Oktober 2020. Acara dilaksanakan secara virtual dengan menggunakan aplikasi Zoom selama kurang lebih 1 jam dimulai pukul 10.00 WIB dan diakhiri pukul 11.00 WIB.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Agam Drs. Misran, M.Pd menjadi narasumber utama dalam acara tersebut didampingi oleh Kepala BIdang PIAK dan Pemanfaatan Data, Fitriandi, ST sebagai host, Sekretaris Dinas Nilawati, SH, Kabid Dafduk Novia Sandriati, SE dan seluruh pejabat struktural di lingkungan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Agam. Acara DMM Agam juga diikuti langsung oleh Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Dinas Pengendalian Penduduk, KB, Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumatera Barat (DPPKBKPS), Dasran, MM

Dalam sambutannya Misran menjelaskan, Dukcapil Menyapa Masyarakat merupakan program khusus yang digagas Dirjen Dukcapil Kemendagri untuk mengetahui dan memecahkan masalah-masalah terkait pelayanan Dukcapil.

Kegiatan DMM ini dimulai secara Nasional dari pusat dan tingkat propinsi, utuk Sumatera Barat sudah dilasanakan tanggal 18 September 2020 yang lalu dan dilanjutkan pada tingkat Kabupaten/ Kota di Sumatera Barat.

“Karena saat ini sedang pandemi virus corona, sehingga kita tidak bisa mengumpulkan masyarakat untuk sosialisasi seperti biasanya. Mudah-mudahan program ini bisa menjembatani hambatan komunikasi antara masyarakat dengan pelayanan Dukcapil,” ucap Misran.

Kepala Dinas Dukcapil Agam tersebut juga menyampaikan apresiasi terhadap partisipasi dari masyarakat dan Walingari yang ikut dalam kegiatan DMM.

Dari pantauan jalan DMM Agam tersebut, sebanyak 14 orang mengajukan pertanyaan dan saran, terlihat juga beberapa Walinagari (Kades) ikut menyampaikan pertanyaan dan saran seperti Walinagari Manggopoh Lubuk Basung, Walinagari Parit Panjang Matur, Baringin Palembayan, Kamang Mudiak, Sungai Pua, Kubang Putiah dan beberspa tokoh masyarakat lainya.

Pertanyaan-pertanyaan terkait teknis  pelayanan langsung dijawab oleh Kepala Bidang dan Sekretaris Dinas,  untuk melengkapi penjelasan  tersebut , ditambahkan oleh kepala Dinas Dukcapil Agam.

Dalam kesempatan itu ikut memberikan arahan kepala Dinas Propinsi Sumatera Barat yang di wakili oleh Kabid Dafduk Dasran, MM.

Kegiatan DMM ini direncanakan akan dilakukan secara rutin setiap bulannya.


Komentar Anda