/ Berita / Detil

Berita Capil   Staf Capil   17 Oktober 2018

Dukung GMHP, Ketua Bawaslu Sumbar Apresiasi Disdukcapil Agam


Dalam rangka monitoring Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP), Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Propinsi Sumatera Barat, Surya Efitrimen, S.Pt. MH berkunjung ke Kabupaten Agam. Bersama Kepala Dinas Dukcapil Agam, Anggota KPU Agam Al Hadi dan Anggota Bawaslu Agam Drs. Eri Efendi, Ketua Bawaslu Sumbar itu turun langsung ke lapangan memantau kegiatan SIMPATI PEDULI DUKCAPIL AGAM di Nagari Koto Panjang Kecamatan IV Koto pada hari Rabu, 17/10/2018. Kedatangan rombongan disambut langsung oleh Camat dan Walinagari serta Tokoh Masyarakat setempat.

SIMPATI PEDULI DUKCAPIL AGAM merupakan kegiatan pelayanan tiap hari perekaman KTP-el penduduk lintas nagari, dimana Disdukcapil Agam melakukan penyisiran ke setiap nagari agar semua warga memiliki KTP-el.

"Kita sangat mengapresiasi Pemda Agam dengan Dukcapilnya yang melakukan kegiatan perekaman data KTP-el ke nagari-nagari, tiap hari termasuk hari libur, ini merupakan bentuk nyata kegiatan melindungi hak pilih masyarakat dan peran aktif mensukseskan Pemilu 2019 karena KTP-el merupakan syarat untuk bisa ikut memilih", ujar Surya

Surya Efitrimen juga memastikan Bawaslu Sumbar dan Bawaslu Kabupaten/Kota akan mendukung penuh program GMHP yang dicanangkan KPU. Bentuk dukungan akan diwujudkan dengan ikut serta dalam proses sosialisasi di tempat-tempat umum.

Komisioner KPU Agam Al Hadi mengatakan bahwa GMHP bertujuan untuk memastikan seluruh warga negara yang memenuhi syarat terdaftar sebagai pemilih dan bisa ikut memilih pada Pemilu 2019 salah satunya dengan cara mendorong supaya warga melakukan perekaman KTP-el.

Sementara itu Kepala Dinas Dukcapil Agam mengatakan bahwa, "Kegiatan perekaman tiap hari ke nagari-nagari  sudah menjadi program inovasi tahun 2018. Dan sesuai arahan Bapak Bupati jadwalnya kita perpanjang sampai akhir tahun. Disamping itu Bapak Bupati juga telah menghimbau warga yang belum merekam agar segera melakukannya.
Pemda Agam berkomitmen menuntaskan perekaman ini sebelum Pemilu 2019"

Dalam kegiatan perekaman di Nagari Koto Panjang itu berhasil direkam 116 data warga yang belum pernah memiliki KTP-elektronik.

Keteramgan photo: Ketua Bawaslu Sumbar Surya Efitrimen, S.Pt, MH (baju hitam, tengah)  usai meninjau kegiatan perekaman di Kantor Walinagari Koto Panjang Kec. IV Koto Kab. Agam


Komentar Anda