/ Berita / Detil

Berita Capil   Staf Capil   09 Juli 2018

Inovasi Pelayanan Disdukcapil Agam dinilai Tim Propinsi

Bupati Apresiasi Pelayanan Disdukcapil Agam


Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Agan terus melakukan inovasi untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat dalam hal kepengurusan Administrasi kependudukan.

Hal itu diungkapkan Kepala Disdukcapil Kabupaten Agam, Drs. Misran, M.Pd dihadapan Tim Pelayanan Inovasi Administrasi Kependudukan Provinsi Sumatera Barat, Senin sore (8/7).

Di hadapan tim penilai, Misran menyampaikan kondisi pelayanan dari awal hingga inovasi-inovasi yang telah dilakukan guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dalam penguruaan dokumen administrasi kependudukan.

"Setiap saat kita melakukan Evaluasi dan Inovasi pelayanan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat dengan tidak mengabaikan aturan yang telah ada, masyarakat puas tetapi aturan tetap dijalankan"

"Kondisi pelayanan pada awalnya terjadi penumpukan berkas permohonan dari masyarakat, tetapi saat ini kondisi itu tidak terjadi lagi, permohonan yang telah lengkap diselesaikan dalam satu hari, one day - one service.
Hal itu dapat dilakukan karena setiap loket pelayanan bisa mengeluarkan semua jenis adminduk"

"Pelayanan jemput bola atau perekaman ke sekolah-sekolah, pelayanan di hari libur lebaran adalah inovasi-inovasi pelayanan yang telah kita lakukan. Juga, untuk mengatasi kondisi geografis Kabupaten Agam yang sangat luas, kita melakukan inovasi dengan membuat Kantor Pelayanan yang terletak di Belakang Balok Bukittinggi"

"Dan yang terbaru kita lakukan adalah membuka loket pelayanan khusus orang lanjut usia, ibu-ibu hamil dan menyusui" tambahnya.

Sementara itu Ketua Tim Penilai dari Propinsi, Dr. Syamsurizaldi, SIP, MM mengatakan bahwa penilaian ini secara formal mencakup hal-hal terkait standar operasional prosedur pelayanan, inovasi-inovasi yang telah dilakukan, pencapaian target, dan lain-lain.

Namun hal itu dimaksudkan bukan sekedar mencari siapa yang terbaik atau terhebat tetapi juga memotivasi agar pelayanan kepada terus dan selalu ditingkatkan.

"Secara umum pelayanan Disdukcapil Agam telah cukup baik dari pelayanan dan kepuasan masyarakat", ucap Syamsurizaldi diakhir sambutannya.

Bupati Agam Apresiasi Kinerja Disdukcapil

Pada hari yang sama, saat penyampaian  KUA PPAS di hadapan Sidang Paripurna DPRD Agam, Senin pagi (9/7), Bupati Indra Catri mengapresiasi kinerja Disdukcapil karena telah melakukan pelayanan saat liburan lebaran dan juga pelayanan jemput bola, melakukan pelayanan perekaman KTP ke sekolah-sekolah.

"Tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan di Disdukcapil Agam mencapai angka 82 persen!", kata Bupati.

Apresiasi Bupati tersebut disambut gembira oleh segenap Karyawan Disdukcapil Agam.

"Alhamdulillah, semua itu berkat kerja keras dan penuh semangat dari teman teman semua, semoga menambah motivasi kita untuk lebih meningkatkan pelayanan dan juga menjadi amal kita masing masing", kata Kepala Disdukcapil Agam, Drs. Misran, M.Pd.


Komentar Anda